Wednesday, 12 April 2017

WHV Story: See You When I See You, Straya!

First Day in Australia!
Perth Airport, Western Australia
Ga berasa banget, perasaan baru kemaren ini gw menginjakan kaki di benua Australia. Meninggalkan semua kenyamanan rumah dan kestabilan pekerjaan di Indonesia untuk merasakan kebebasan dan tantangan baru.

Pas mau berangkat gw sama sekali ga kebayang bakalan ngelakuin semua yg gw lakukan disini. Tadinya gw cuma mau main aman aja dengan stay di 2 kota besar yang masing" 6 bulan lamanya, siapa sangka tiba" malah dapet kesempatan buat pindah" state? Siapa sangka bakalan ketemu temen" yang baik banget dan berasa kayak saudara sendiri? Siapa sangka bakalan ngalamin roadtrip beribu-ribu kilometer? Siapa sangka bakalan kerja jadi buruh pabrik? Atau Metik mangga di tengah panasnya Australian summer? Gw berasa semuanya unpredictable disini, tapi itu semua yang bikin travelling jadi makin asik dan nyenengin pastinya.. Hahaha..

Banyak banget pelajaran selama working holiday ini, mulai belajar mandiri, belajar berani, belajar beradaptasi, belajar mengenal tipe" manusia yg ada di dunia, belajar masak (walaupun tetep ala" sampai sekarang), belajar ngatur keuangan, sampai belajar mengenal diri sendiri. #aiishh

Tapi seindah-indahnya atau seburuk-buruknya pengalaman selama work and holiday ini, tetep aja suatu hari bakalan berakhir dan kembali ke realita. So, be prepared!

Ada yang kesengsem sama Australia dan langsung memutuskan buat lanjut stay disini, jadi student, married sama citizen atau PR, atau mungkin saking nekatnya ada yang ilegal.. #eh hahaha,  yang ilegal jangan sampe ya.. Bahayaa..  Ga baik buat diri sendiri, keluarga, dan negara..

Kalo gw sendiri mutusin buat berterimakasih dengan Australia dan semua temen" yang gw temui disana, kemudian balik ke Indonesia. Mau ngapain sih balik ke Indonesia? Saat itu pikiran gw penuh dengan hal" besar yang ingin gw lakukan selanjutnya. Tapi ternyata realita tidak seindah dan semudah itu kawaaan.. #curcol
Keyakinan gw sudah mulai goyah, bisa atau ngga gw mewujudkan apa yang gw mau.. Kembali ke comfort zone mulai mempengaruhi pikiran dengan segala macam rasa takut untuk keluar lagi. Kalau kata temen gw yang alumni WHV juga, gw lagi kena post whv syndrome, haha.. Well, semoga gw cempat sembuh dari sindrom ini dan kuat untuk tetap tegar, hahahaa.. 

It's time to go back to Indonesia
Buat yang belum berangkat atau lagi di Aussie, bersiaplah kalau nanti berencana kembali ke tanah air. Kalo menurut gw beradaptasi lagi di negara sendiri berasa lebih sulit daripada pas baru berangkat ke Aussie, hahaha.. Contohnya pas mau menyebrang jalan, dulu bisa langsung terabas ga nyampe 5 menit dah nyebrang. Sekarang? Celingak-celinguk sampe jalanan kosong banget atau sampe ada orang yang mau nyebrang juga.. Lamaaa, hahaha..

Tapi gw bersyukur banget punya pengalaman work and holiday ini. Nekat menjelajah sendiri di negara orang. Mungkin bakalan buruk buat CV gw karena bidang kerja gw selama whv ini jomplang banget sama bidang kerja gw sebelumnya. Tapi life skill dan pengalaman yang di dapat selama work and holiday ini bener" berharga dan pastinya ga bakalan gw dapet kalo dulu gw ga mutusin untuk berenti kerja dan keluar dari comfort zone.

Yang mau gw garis bawahi sebenernya, apapun keputusan kalian jalanilah dengan sepenuh hati dan jangan disesali dikemudian hari. Mau berangkat ke Aussie? Silahkaan~ Mau tetep kerja di Indo? Boleehh~ Dari Aussie mau balik ke Indonesia? Monggo~ Mau stay di Aussie dengan menjadi student? Why not? Mau nyari PR dan nikah di Aussie? Boleeh bangeet, asal ada yang mau nikahin lo aja sih.. Mehehehe.. Apapun itu, semuanya keputusan yang baik (asal bukan yg ilegal ya) dan pasti ada hikmah dan pengalaman asiknya masing". Soo, don't be afraid to make your decision :) Good luck guys and gals!

Dicek juga cerita-cerita dari temen-temen WHV lainnya disini, yang pastinya asik-asik dan punya keunikan masing" :

Hilal Abu Dzar
http://hiladz.com/selamat-tinggal-australia/

Bernadetta Virgi
http://bernadettavinda.wixsite.com/nooneisforever/single-post/2017/04/08/6-months-and-ongoing

Vania Hosen
http://vaniahosen.blogspot.co.id/2017/04/post-australia365days.html?m=1

Rhein Fathia
http://www.rheinfathia.com/2017/04/one-year-later.html?m=1

Efi Yanuar
https://raunround.wordpress.com/2017/04/15/pengalaman-whv-australia/

Made Cahyana
https://madecahyana.com/2017/04/17/mooramana-awal-dan-akhir/

Irene Tridiani
http://irenetridiani.com/every-ending-has-a-new-beginning/

Aldino Tanza
http://www.tanzamiloen.com/2016/07/setahun-penuh-di-tanah-australia.html

Hasil koleksi, hehehe

Oh ya, setelah jalan-jalan di Australia, ini gw masih jalan" dulu sebelum balik ke kampung halaman. Ceritanya bakalan gw post lagi nanti, hehee.. Semoga menarik dan bermanfaat yaaa..  See ya!  

4 comments:

  1. whahahaahaha. Kita sama nih Felita, gua juga ngerasain 'culture shock' saat balik ke Indonesia.

    Jadi setelah WHV, kamu sibuk apa? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, tos dulu lah~
      Mencoba ini dan itu, semoga aja berhasil, ehehehe :D

      Delete
  2. Fell, tar g Agustus bawain cinderamata Northern Territory biar lengkap ya! Hehe

    ReplyDelete